Tips Memilih Jasa Cargo

  • Tips Memilih Jasa Cargo

    Tips Memilih Jasa Cargo

    Ketika kita membutuhkan jasa kargo service, atau ketika akan kirim barang, kita dihadapkan oleh beberapa pilihan yang terkadang cukup membingungkan. Tidak hanya karena banyaknya jasa ekspedisi saja, namun juga menyangkut service, harga, ketepatan waktu hantaran, jenis transportasi, dan lain hal yang terkesan membingungkan. Padahal sebenarnya itu semua adalah simpel, apabila kita mengetahuinya.

    Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebagai rujukan sebelum kita memutuskan untuk memilih jasa kargo.

    1. Ketepatan dan Ketepatan Waktu Hantaran
    Ketepatan waktu hantaran adalah salah satu yang paling krusial dalam memilih jasa kargo. Ketepatan waktu sangat dipengaruhi oleh moda transportasinya. Urutan transportasi terbaik berdasarkan ketepatan waktu adalah sebagai berikut :
    Transportasi via udara atau pesawat terbang adalah perusahaan jasa kargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat pesawat terbang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bisa diandalkan, kecuali pada momen momen liburan seperti Lebaran, Tahun Baru dan Natal. Karena pada situasi peak season seperti itu, biasanya airlines overload, sehingga mengurangi performa service cargo. Moda transportasi jenis ini tarif pengirimannya paling mahal.
    Transportasi via kereta express adalah perusahaan jasa kargo yang mengkhususkan diri untuk memberikan service pengiriman lewat kereta express (kereta Argo Anggrek dan Kereta Express Bima). Kedua kereta tersebut sebenarnya adalah kereta penumpang express, yang dilengkapi dengan satu gerbong barang di belakang. Ketepatan waktu jenis layanan ini cukup bagus, karena ketepatan jadwal kereta express selama ini bisa diandalkan. Kelemahan dari layanan ini adalah ababila ada kecelakaan kereta, sehingga bisa dipastikan akan ada keterlambatan barang.
    Transportasi via Kereta Parcel (kereta barang). Bedanya dengan kereta express adalah, bahwa kereta ini sama sekali tidak ada gerbong penumpang. Jadi, seluruh gerbongnya adalah gerbong barang. Kendalanya hampir mirip dengan kereta express.
    Transportasi via truk, sering disebut sebagai trucking. Yaitu suatu jasa kargo yang memanfaatkan jasa truk untuk pengiriman barang. Kargo jenis ini performa ketepatan waktu kurang bagus, karena sangat tergantung oleh man power (sopir), armada truk, dan kepadatan di jalan raya.
    Transportasi via kapal cargo adalah transportasi menggunakan jasa kapal kargo atau sering disebut menggunakan kontainer. Performa tentang kecepatan dan ketepatan waktu adalah paling rendah. Walaupun begitu moda transportasi ini memiliki tarif pengiriman paling murah, dibandingkan ke empat moda transportasi di atas.

    2. Garansi
    Ada baiknya seorang pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa cargo meminta penjelasan tentang garansi yang bisa diberikan perusahaan tersebut berkenaan dengan barang kiriman. Telponlah customer service untuk meminta penjelasan tentang hal hal berikut ini :
    Garansi ketepatan waktu, yaitu permintaan garansi apa yang bisa diberikan jasa cargo berkenaan dengan ketepatan waktu yang dijanjikan. Hal ini penting, karena garansi waktu sangat terkait erat dengan moda transportasi yang digunakan, dan biaya kirim.
    Garansi barang rusak atau hilang perlu juga dipertanyakan. Hal ini cukup krusial. Karena biasanya customer service memberikan janji yang muluk. Akan tetapi, ketika terjadi kehilangan atau kerusakan barang, biasanya saling menyalahkan dan pelanggan selalu ada pada pihak yang lemah.
    Garansi uang kembali, apabila barang hilang atau terlambat. Walaupun terdengar janggal, namun ada beberapa perusahaan yang berupaya menerapkan sistem ini untuk menarik pelanggan. Hal ini tentunyas sangat bagus, sebagai jalan tengah antara pelanggan dan penyedia jasa kargo. Perlu juga hal ini dipertanyakan kepada customer service sebelum order pengiriman barang.
    Garansi penghantaran ketika hari libur. Tidak banyak perusahaan jasa kargo yang bisa melakukan ini. Namun ada beberapa yang bisa melakukannya. Untuk itu, biasanya perusahaan kargo menarik biaya lebih, tentunya sebagai konsekuensi kerja di hari libur.

    3. Service
    Sebelum mengirim barang, hal lain lagi yang perlu dipahami menyangkut service dan teknis pengiriman barang, di antaranya adalah sebagai berikut :
    Door to door, adalah jenis layana kargo dimana pelanggan tinggal telepon ke jasa kargo dan mereka akan pick up (mengambil barang) untuk di teruskan ke kota tujuan dan delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini paling enak bagi pelanggan, namun biaya yang ditimbulkan (tarif) paling mahal.
    Port to Door, adalah jenis layanan kargo dimana pelanggan mengantar sendiri barang ke gudang atau kantor penyedia jasa. Dari gudang itu, barang diteruskan ke kota tujuan dan di-delivery ke alamat yang dimaksud. Service ini agak sedikit memberatkan pelanggan, namun service ini biasanya memiliki tarif lebih murah.
    Port to Port, adalah jenis layanan cargo paling murah. Kenapa demikian? Karena pelanggan menghantar sendiri ke gudang atau kantor, sementara itu di kota tujuan pelanggan juga mengambil di kantor perwakilan. Jadi, fungsi dari penyedia jasa ini hanya sebagai transportasi saja.

    4. Spesialisasi
    Spesialisasi juga merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan sebelum menentukan jasa kargo. Ada beberapa perusahaan yang mengkhususkan diri pada penggunaan jenis transportasi tertentu. Misalnya khusus angkutan darat, khusus via kereta parcel, khusus kereta ekspres ataupun khusus via udara.
    Beberapa perusahaan jasa kargo juga memposisikan diri sibagai spesialis rute-rute tertentu. Misalnya spesialis Jawa, spesialis tujuan Kalimantan, spesialis tujuan Yogyakarta dan lainnya.
    Usahakan memilih jasa kargo yang memiliki spesialisasi tertentu, dan hindarkan menggunakan jasa kargo yang melayani semua rute dan semua moda transportasi. Karena, biasanya perusahaan tipe “kemana saja dan via apa saja bisa” adalah tipe perusahaan perantara. Artinya, mereka tidak bekerja sendiri, tetapi hanya sebagai broker.
    Apabila kita menggunakan jasa kargo broker, maka bersiaplah untuk proses berbelit apabila terjadi masalah pengiriman di kemudian hari.

    6. Harga
    Biasanya harga adalah faktor penentu dari kelima faktor di atas. Untuk itu perlu sekali dianalisa tentang ketepatan waktu dan moda transportasi apa yang paling tepat untuk disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Kalau anggaran melimpah, mungkin kiriman via udara adalah alternatif yang baik. Sementara itu, kalau ingin melakukan efisiensi, maka kargo via darat dan kereta adalah jawabannya.

    Comments are closed.